BELAJAR DEMOKRASI MELALUI PILKETOS (PEMILIHAN KETUA OSIS)

Hari ini, Kamis, 5 Oktober 2017, keluarga besar SMA Negeri 2 Playen melaksanakan pesta demokrasi, untuk menentukan kepengurusan OSIS masa bakti 2107/2018. Siapa pun yang akan terpilih menjadi Ketua OSIS kali ini, merupakan tanggung jawab bagi seluruh warga sekolah untuk mendukung program kerja yang akan dibuat dan dijalankan selama satu tahun ke depan.

Pada pemilihan ketua OSIS kali ini, semua warga sekolah berhak menentukan pilihan sesuai nurani masing-masing. Semua warga sekolah, belajar bertanggung jawab menentukan pilihan, bersikap toleran terhadap perbedaan pilihan. Di sinilah sikap saling menghargai terhadap perbedaan pilihan, dibuktikan. Bukan hanya sebatas orasi atau perkataan.

Ibu Fadmiyati, M.Pd, Kepala SMA Negeri 2 Playen dalam pengarahan, sebelum orasi calon ketua OSIS, menyampaikan, “OSIS sebagai sarana bagi siswa utuk belajar berorganisasi. Manfaatkanlah OSIS untuk membentuk pribadi yang tanggap dan tangguh. Tanggap terhadap setiap permasalahan. Tangguh dalam menyelesaikan permasalahan. Pemilihan ketua OSIS kali ini, juga sebagai sarana belajar berdemokrasi, menentukan pilihan, dan menghargai perbedaan pilihan, dari seluruh warga sekolah.”

Ada tiga kandidat yang maju dalam pencalonan ketua OSIS pada kali ini. Masing-masing kandidat memiliki visi-misi yang bisa dicermati oleh setiap warga SMA Negeri 2 Playen, yang mungkin bisa dijadikan program kerja pada tahun pelajaran 2017/2018.

Adapun ketiga kandidat tersebut adalah:

  1. Renia Putri Wardhani, mengusung visi,” Menjadikan OSIS sebagai organisasi sekolah, yang berlandaskan iman, sekolah dan peduli sesama.”
  2. Firdausa Dian Felika, mempunyai visi, “Menjadikan OSIS SMA Negeri 2 Playen, sebagai organisasi, yang bermutu, berkualitas tinggi, sekaligus mengharumkan nama baik sekolah di dalam maupun di luar sekolah.”
  3. Rio Ardianata, dengan visi, “Memajukan SMA Negeri 2 Playen melalui program minimalis, namun realistis yang dilaksanakan oleh pengurus OSIS, dan juga mempertahankan prestasi atau pun program sebelumnya, yang baik.”

Sebelum pemungutan suara, terlebih dahulu, ketiga kandidat diberi kesempatan berorasi, untuk mengemukakan visi dan misinya bila nanti terpilih sebagai Ketua OSIS masa bakti 2017/2018. Kesempatan ini, dipergunakan ketiga kandidat dengan baik.

Pemungutan suara dilaksanakan di sela-sela kegiatan pembelajaran, secara bergiliran. Proses pemungutan suara ini tidak mengganggu jam pelajaran karena pemungutan suara di SMA Negeri 2 Playen ini dilakukan berbasis komputer. Dua pekerjaan diselesaikan sekaligus hari ini, oleh seluruh warga sekolah. Yang pertama kegiatan pembelajaran dan yang kedua pemilihan Ketua OSIS. (ep3)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *