PENGEMBARAAN BHAKTI MANDALA PUTRATAMA XII

Pengembaraan Bhakti Mandala Putratama (PBMP) merupakan kegiatan rutin tahunan yang merupakan rangkaian dari kegiatan ekrakurikuler Pramuka. Adapun tema dari pengembaraan ini adalah “NGUMBARA ING BUMI DHAKSINARGA YEKTI BHAKTI MRING BUMIKARTA” yang artinya kita mengembara di bumi Dhaksinarga pantai selatan Gunungkidul untuk memberikan  bhakti kita terhadap bumikarta yaitu bumi Gunungkidul yang subur dan makmur. Pengembaraan ini dilaksanakan pada hari Sabtu tanggal 7 Desember 2019.  Dengan peserta seluruh siswa kelas X ditaah dengan beberapa siswa kelas XI yang belum mengikuti pengembaraan tahun lalu.

Adapun tujuan dari PBMP  adalah

  1. Menambah  kecintaan para siswa terhadap alam
  2. Mempercakap diri dalam melaksanakan ajaran kepramukaan
  3. Mempraktekan system kerukunan
  4. Melatih kerjasama dan kekompakan anatar siswa
  5. Mendapatkan pengalaman dan hal-hal baru
  6. Melatih kemandirian siswa

Kegiatan ini dimulai dengan apel pagi pada pukul 05.30  di lapangan upacara SMAN 2 Playen  dan dilanjutkan keberangkatan ke lokasi pengembaraan pada pukul 06.30.  para siswa menuju ke balai Desa Kanigoro dengan menggunakan armada Truk 6 buah. Sampai di balai desa kanigoro apel persiapan pemberangkatan pengembaraan / hiking menuju pantai Nguyahan. Para siswa berjalan dengan rute melewati jalan dan gunung yang belum biasa dilewati,  dengan 6 pos yang dibuat oleh sangga kerja.

Setelah semua sangga sampai di pantai kegiatan selanjutnya istirahat sholat. Setelah istirahat dan sholat dilanjutkan kegiatan bersih pantai, kemudian apel penutupan. Di dalam apel penutupan disertakan acar inti bhakti pada masyarakat dengan menyerahkan bibit pohon kelapa sejumlah 31 bibit kepada pokdarwis  Nguyahan dan 150 buku kepada perpstakaan BOSSKId (Bocah Sisih Kidul)

Semoga pohon dan buku bisa bermanfaat bagi masyarakat Nguyahan dan sekitarnya maupun masyarakat Tepus dan sekitarnya.

Setelah selesai penyerahan buku dan bibit pohon apel ditutup langsung dibubarkan dan semua peserta naik ke armada truk lanjut kembalai ke SMA tercinta SMAN 2 Playen. Alhamdulillah sampai di SMAN 2 Playen pukul 17.00 dengan sehat dan selamat tampa halangan suatu apapun.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*