MENGUKIR PRESTASI DI TENGAH PANDEMI

Pandemi tak menyurutkan niat siswa untuk selalu memberikan yang terbaik bagi SMA Negeri 2 Playen. Rachmawati Dyah Islami, siswi kelas XI MIPA 3 mengikuti lomba Macapat dalam rangka HUT ke-29 HIMA Jawa Pendidikan Bahasa Daerah Universitas Negeri Yogyakarta secara daring di bulan Juli. Dalam ajang perlombaan tersebut, Rachma berhasil mendapat juara Favorit dengan jumlah Like terbanyak di channel youtube. Atas keberhasilannya tersebut, Rachmawati mendapat piagam penghargaan beserta uang pembinaan.

Menyusul prestasi tersebut, di penghujung bulan Oktober bersamaan dengan Hari Sumpah Pemuda SMA Negeri 2 Playen berhasil mengukir prestasi. Rachmawati Dyah Islami, sang juara favorit macapat juga berhasil memboyong juara Harapan 2 dalam Lomba Maca Cerkak Kategori SMA/SMK/MA. Lomba tersebut diadakan oleh Dinas Kebudayaan DIY dalam rangka Kompetisi Bahasa dan Sastra Tingkat DIY Tahun 2020. Lomba yang pada awalnya direncanakan akan dilaksanakan di area Dinas Kebudayaan DIY juga harus dilalui dengan daring akibat pandemi covid-19.

Bulan Oktober yang diperingati sebagai bulan bahasa selalu diikuti semarak lomba yang diadakan oleh Dinas Kebudayaan DIY setiap tahunnya. Masing-masing Dinas Kebudayaan 5 Kabupaten/Kota di DIY wajib mewakilkan duta untuk setiap cabang lomba. Dinas Kebudayaan Gunungkidul bekerja sama dengan MGMP Bahasa Jawa berhasil menunjuk beberapa perwakilan SMA/SMK/MA untuk maju dalam lomba tersebut. SMA Negeri 2 Playen pada tahun 2020 ini berkesempatan mengirim duta terbaiknya dalam cabang lomba Maca Cerkak dan Sesorah. Hanya saja tahun ini dewi fortuna sedang berpihak pada cabag lomba Maca Cerkak. Dengan cara daring, pada hari Rabu, 07 Oktober 2020 Rachmawati Dyah Islami melaksanakan pengambilan video peserta kompetisi bahasa dan sastra di lingkungan Dinas Kebudayaan Gunungkidul. Untuk hasil video dikirimkan oleh pihak Dinas Kebudayaan Gunungkidul ke panitia lomba di tingkat DIY. Hingga pada akhirnya, hari Rabu, 28 Oktober 2020 pengumuman dilaksanakan secara online di laman. Rachmawati Dyah Islami satu-satunya duta SMA Negeri 2 Playen berhasil menorehkan prestasi dalam cabang lomba Maca Cerkak.

Tinggalkan Balasan