SINAU SEJARAH LOKAL GUNUNGKIDUL

Kamis-18 Maret 2021, Acara Sinau Sejarah Lokal Gunungkidul yang diselenggarakan oleh Dinas Budaya Gunungkidul dan berlokasi di RM.Numani dan Taman Budaya Gunungkidul, membuat siswa antusias untuk lebih mengenal tentang sejarah lokal Gunungkidul.
Acara dimulai dengan registrasi peserta di lokasi pertama, yakni rm.numani, jalan baron,tanda tangan peserta sekaligus ambis snack plus minum, dilanjutkan berdoa bersama, dipimpin oleh MC, kemudian sambutan oleh pak Sigit Pramudiyanto, SIP, yang intinya mngucapkan terima kasih atas kesediaan sekolah mngikuti agenda dinas budaya Gk ini yg bertujuan mngenalkan sejarah lokal Gk kpd siswa, agar tertanam smngat lokal historis yang cinta budaya sendiri karena Gk menyimpan bnyak kisah perjalanan sejarah yang menopang keberadaan NKRI.

Acara dilanjutkan dengan CERAMAH SEJARAH GK, oleh pak Sigit Pramudiyanto SIP juga. Beliau berkisah dari awal mula keberadaan Gk, sebagai tempat yg memiliki sejarah purbakala, yakni situs Sokoliman, Bengawan Solo Purba. Gk juga menjadi tonggak awal munculnya kerajaan Mataram Islam Yk, yakni kisah Ki Ageng Giring III…..
Lanjut ke zaman penjajahan….bahwa Gk menjadi salah satu basis miter gerilya Jenderal Sudirman, ketika Jogja diduduki Belanda saat Agresi Militer Belanda ke dua, pada 19 Desember 1948.

Setelah Serangan Umum 1 Maret 1949, Gk lah yang menjadi basis penyerangan dan berita mengenai kemenangan TKR yang berhasil mnduduki Yogyakarta walau hanya 6 jam, menjadi berita internasional yang bisa didengar PBB,yng dipancarkan lewat pemancar radio PC II di Playen, yang kemudian di pancarkan ke Bukitinggi, diteruskan ke Vietnam, India, lalu ke New York….

Tinggalkan Balasan