HUT ke-30 SMA Negeri 2 Playen, 30 Tahun Bersinergi Tetap Berprestasi di Masa Pandemi (5 September 1991 – 5 September 2021)

Usia 30 Tahun memang bukan waktu yang singkat dalam sebuah perjalanan suatu lembaga sekolah. Sudah banyak generasi yang terbilang sukses jebolan SMA Negeri 2 Playen. Di usianya kini, dalam kondisi pandemi SMA Negeri 2 Playen tetap merayakan hari Ulang Tahun ke-30 dengan sederhana. Tidak jauh berbeda seperti tahun lalu, kali ini SMA Negeri 2 Playen mengangkat tema “30 Tahun Bersinergi, Tetap Berprestasi di Masa Pandemi”. Berbagai rangkaian kegiatan diusung guna merayakan hari Ulang Tahun ke-30 yang jatuh pada tanggal 5 September. Agenda kegiatan terdiri dari lima bagian yaitu Kompetisi, Edukasi, Donasi, Refleksi dan Selebrasi. Rangkaian dimulai dengan kegiatan Kompetisi, diantaranya Maharesi yaitu Lomba Tari antar SMP-SMA yang dimulai pada tanggal 25 Agustus 2021. Kompetisi dilanjutkan dengan pertandingan antar kelas yang dimulai pada tanggal 25 Agustus 2021 – 3 September 2021. Ada lomba poster, video dan cipta puisi yang mengambil tema “Anti Perundungan” sejalan dengan SMA Negeri 2 Playen yang menjadi Sekolah Anti Perundungan.

Rangkaian kegiatan selanjutnya adalah Edukasi. Pada tanggal 2 September 2021 diadakan Sosialisasi Anti Perundungan secara live streaming di channel Youtube SMA 2 Playen (https://www.youtube.com/watch?v=3KPoa_5_lY8). Pada tanggal tersebut SMA Negeri 2 Playen juga menghadirkan dr. Ida Rochmawati, M.Sc., Sp.K.J. untuk menyampaikan talkshow secara live streaming di channel yang sama. Talkshow dengan tema “Sinergi Bernurani Taklukkan Pandemi” ditujukan kepada siswa SMA 2 Playen pada sesi 1 dan guru/karyawan, orang tua/wali pada sesi 2. Narasumber dr.Ida Rochmawati juga menyampaikan hal yang berkaitan dengan anti perundungan sehingga siswa antusias menyimak juga aktif memberikan pertanyaan-pertanyaan seputar materi yang disampaikan.

Masih di tanggal 2 September, rangkaian kegiatan dilanjutkan dengan Donasi. Pengumpulan dana dari tanggal 23 Agustus 2021 – 30 Agustus 2021 berhasil mendapat Rp 6.300.000,-. Mengusung tema “Sehati berempati, hadapi Pandemi” SMA Negeri 2 Playen yang diwakili oleh beberapa panitia HUT dan OSIS melaksanakan bakti sosial sembako. Sasaran baksos ini ditujukan kepada lingkungan sekitar sekolah, Panti Asuhan Al Hikmah Desa Getas, serta wujud empati kepada siswa SMA 2 Playen yang tergabung dalam Paskibraka Kabupaten Gunungkidul Tahun 2021 yang saat itu terdampak covid-19.

Tepat pada tanggal 4 September, seluruh keluarga SMA Negeri 2 Playen bersama memasang flyer dan twibonnize di media sosial masing-masing. Story WhatsApp, instagram, facebook, dll. Lalu tepat pada usianya yang ke-30 seluruh keluarga SMA Negeri 2 Playen bersama up video ucapan selamat dari stakeholder yang diunggah pada channel  Youtube SMA 2 Playen (https://www.youtube.com/watch?v=wY6Tc58o9CY).

Puncak acara HUT ke-30 digelar pada hari Jumat, 17 September 2021. Ada dua kegiatan yang digelar. Refleksi HUT ke-30 yang digelar pada pukul 07.00 WIB ini berisi kegiatan tadarus bersama Bapak Ibu guru dan karyawan, OSIS bagi yang muslim sedangkan kegiatan ibadah bersama bagi yang non muslim. Kegiatan dilanjutkan dengan Sarasehan yang dihadiri oleh Kepala Balai Pendidikan Menengah Kabupaten Gunungkidul, Pengawas Pembina SMA 2 Playen, Komite SMA 2 Playen, Bapak Ibu Guru dan Karyawan, perwakilan siswa dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. Kegiatan sarasehan juga melaunching karya persembahan dari Ibu Tumisih, S.Pd., M.Pd. berjudul “30 Tahun Duplay” (dapat disaksikan di channel Youtube SMA 2 Playen : https://www.youtube.com/watch?v=F_0Cxk-3f5c) untuk SMA N 2 Playen di usianya yang ke-30. Kepala Sekolah dengan ide kreatif dan lirik dibantu oleh Bapak Erick Nur Cahyo sebagai komponis. Dalam kegiatan sarasehan disampaikan pengumuman kejuaraan lomba antar kelas.

  1. Lomba Cipta Puisi
  2. Terbaik Kelas X : Maria Shelvia ER (X.E5)
  3. Terbaik Kelas XI  : Indah Dwi Nur Amelia (XI MIPA 2)
  4. Terbaik Kelas XII : Meisya Eva Wulansari (XII MIPA 3)
  5. Lomba Video
  6. Terbaik Kelas X : X.E2
  7. Terbaik Kelas XI : XI IPS 2
  8. Terbaik Kelas XII : XII MIPA 1
  9. Lomba Poster
  10. Terbaik Kelas X : Jonathan Caesario Edhison (X.E2)
  11. Terbaik Kelas XI : Fatmalia Dwi Anjarwati (XI MIPA 1)
  12. Terbaik Kelas XII : Aulia Rahma Azzahra (XII IPS 3)

Selain itu, disampaikan  pula penghargaan dari sekolah kepada peserta dan pembimbing KSN yang telah berhasil melaju ke tingkat provinsi.

  1. Fitriana Budi Rizqi (XII MIPA 3) dan Kharisma Nur Aisyah (XII MIPA 1) dari cabang Matematika degan pembimbing Ibu Imraatun Akhlaqul Karimah, S.Pd.Si.
  2. Azizah Dwi Okto dari cabang Informati dengan pembimbing Ibu Endah Susanti, S.Kom.
  3. Minarni (XII IPS 3) dari cabang Geografi dengan pembimbing Ibu Anita Listyanti, S.Pd.
  4. Imelda Mala Masoka (XII IPS 2) da Aulia Rahma Azzahra (XII IPS 3) dari cabang Kebumian dengan pembimbing Ibu Ika Femilia P, S.Pd.

Dan disampaikan pula kejutan penghargaan bagi tenaga kependidikan SMA 2 Playen yang diberikan oleh Kepala Sekolah. Penghargaan diberikan kepada Ibu Retno Utamiyati, M.Pd., Ibu Endri Dwifantari, S.Pd., M.Pd., Ibu Titik Maryati, S.Pd., M.Pd., Ibu Anna Fitrianingsih, S.Si., M.B.A., Ibu Beti Tri Wahyuni, S.Pd., M.Pd., Ibu Wiwik Indarwati, M.Pd., Ibu Betty Sekarasih Hadiyani, M.Pd.BI., Bapak Suhardi, Bapak Supardi, Bapak Aji Yoga, A.Md.

Puncak acara peringatan HUT ke-30 SMA 2 Playen ditutup dengan Selebrasi. Siswa angkatan 31 mempersembahkan Progress10n ke-10 sebagai wujud cinta dan bangga kepada SMA 2 Playen yang sudah menapaki usia ke-30. Launching Progress10n dilaksanakan pukul 19.00 WIB secara streaming di kanal Youtube Duplay Picture : https://www.youtube.com/watch?v=-xYTSjCCNVI dengan menampilkan karya-karya terbaik siswa Duplay. Diantaranya paduan suara, solo vokal, macapat, karawitan Cakra Laras, tari kreasi, tari tradisional, tari modern, band, serta drama tari “Tlutuh”. Acara malam itu semakin meriah dengan MC : Rio Ardianata dan Rizki Setiana dan kedatangan band “Mata Surya”.

Tinggalkan Balasan