Pelaksanaan Asesmen Nasional SMA Negeri 2 Playen Tahun Pelajaran 2021/2022

Penghapusan Ujian Nasional mulai tahun 2019 memang membawa berbagai dampak bagi satuan pendidikan. Ancang-ancang melaksanakan Asesmen Nasional pada tahun 2020 pun belum terlaksana sesuai jadwal karena kondisi pandemi yang melanda negeri. Pada tahun 2021, pemerintah memulai Asesmen Nasional  sebagai evaluasi yang dilakukan untuk pemetaan mutu pendidikan pada tingkat satuan pendidikan dasar dan menengah. Perbedaan Ujian Nasional dan Asesmen Nasional ada pada format soal, komposisi, konteks, teks untuk stimulus soal, format jawaban serta administrasi pelaksanaan. Instrumen yang digunakan juga meliputi asesmen kompetensi minimum (tes literasi dan numerasi), survei karakter dan survei lingkungan belajar.

SMA Negeri 2 Playen juga menjadi salah satu satuan pendidikan yang berkesempatan melaksanakan AN karena memenuhi syarat yaitu memiliki NPSN dan tercatat dalam Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Tahapan Asesmen Nasional yang dilalui adalah simulasi AN, Gladi Bersih, serta pelaksanaan AN. Simulasi dilaksanakan pada bulan Agustus 2021, Gladi Bersih pada tanggal 8 – 9 September 2021 serta pelaksanaan pada tanggal 27 – 28 September 2021. Peserta AN merupakan siswa berbasis sampel dan cadangan yang ditentukan secara acak oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan bukan ditentukan oleh sekolah. Kelas XI berjumlah 45 siswa dengan cadangan 5 siswa. Dikarenakan SMA Negeri 2 Playen merupakan sekolah penggerak maka peserta AN ditambah 45 siswa kelas X dengan cadangan 5 siswa.

Pelaksanaan Asesmen Nasional dilakukan secara semi online di SMA Negeri 2 Playen. Senin, 27 September 2021 dibagi menjadi 2 sesi dan 3 ruang. Sesi I dimulai pukul 07.30 – 10.00 bagi kelas XI yang dibagi menjadi 3 ruang, masing-masing ruang berisi 15 siswa. Sesi II dimulai pukul 10.30 – 13.00 bagi kelas X dengan pembagian ruangan sama dengan sesi I. Hari kedua, Selasa 28 September 2021 pelaksanaan AN sama dengan hari pertama untuk pembagian sesi dan ruang. Pelaksanaan AN ini menerapkan protokol kesehatan sesuai dengan yang ditetapkan oleh pemerintah.

Tinggalkan Balasan