Pembelajaran Tatap Muka Terbatas SMA Negeri 2 Playen Tahun Pelajaran 2021/2022

Pandemi yang melanda negeri selama kurang lebih 18 bulan tentu berdampak pula pada sektor pendidikan. Misalnya sekolah, pembelajaran daring/jarak jauh mulai diterapkan sejak bulan Maret 2020 sampai pada September 2021. Rencana pembelajaran tatap muka memang sudah dicanangkan akan dimulai pada bulan Juli Tahun Pelajaran 2021/2022 akan tetapi peningkatan kasus covid-19 yang meroket ternyata mengurungkan niat pemerintah untuk membuka sekolah. Bersamaan dengan penurunan kasus covid-19 pada saat penerapan PPKM bulan Agustus 2021, pemerintah mulai optimis untuk membuka sekolah dan mulai menginstruksikan sekolah untuk melaksanakan pembelajaran tatap muka secara terbatas bagi daerah dengan level 3. Salah satunya di Daerah Istimewa Yogyakarta.

Dengan keluarnya Surat Edaran Nomor 421/08622, SMA Negeri 2 Playen memulai PTMT pada pekan ke-4 bulan September 2021. Pembagian PTMT berdasar pada nomor presensi. Pada minggu pertama, tanggal 20 – 24 September 2021 merupakan kesempatan siswa bernomor presensi ganjil untuk mengikuti PTMT di sekolah. Sedangkan untuk siswa bernomor presensi genap mengikuti pembelajaran daring di rumah masing-masing. Pada minggu kedua, tanggal 27 September – 1 Oktober 2021 giliran siswa bernomor presensi genap yang memiliki kesempatan melaksanakan PTMT di sekolah. Sedangkan untuk siswa yang bernomor presensi ganjil mengikuti pembelajaran daring dari rumah.

Untuk mengurangi kerumunan pada saat tiba dan pulang, sekolah mengatur jadwal sedemikian rupa. Kelas X memulai pembelajaran pada pukul 07.15 dan berakhir pada pukul 10.35. Kelas XI memulai pembelajaran pada pukul 08.05 sampai dengan pukul 10.45 diberi kelonggaran 10 menit agar tidak bersamaan dengan kelas X. Sedangkan untuk kelas XII memulai pembelajaran pada pukul 08.55 dan berakhir pada pukul 11.25. Tidak ada waktu istirahat pergantian jam dan guru yang mengajar akan tepat waktu masuk kelas sesuai dengan waktu mengajar untuk mengurangi kemungkinan siswa berkerumun di dalam kelas. Pemberlakuan prokes yang sangat ketat juga diberlakukan pada jalur masuk dan keluar para siswa. Kelas X diwajibkan hanya menggunakan jalur koridor barat, kelas XI menggunakan koridor tengah sedangkan kelas XII menggunakan jalur koridor timur. PTMT di SMA Negeri 2 Playen didampingi dan dipantau oleh Satgas Kapanewon Playen.

Tinggalkan Balasan