Menuju Guru SMA Negeri 2 Playen yang Transformasional

Kondisi pandemi covid-19 ternyata membawa dampak positif tersendiri dalam dunia pendidikan. Semua tenaga kependidikan harus mahir dan canggih dalam menggunakan teknologi. Tidak jauh berbeda dengan kondisi guru di SMA Negeri 2 Playen. Baik yang muda maupun yang sudah mendekati purna semua harus sigap menghadapi zaman yang semakin berkembang. Teknologi tidak akan menggantikan guru hebat, tapi teknologi di tangan guru yang hebat akan menjadi transformasional.

Salah satu guru SMA Negeri 2 Playen, Endah Susanti, S.Kom, guru mata pelajaran Informatika mengikuti pelatihan Google Master Training yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi bekerjasama dengan Google For Education Partner serta REFO Indonesia pada 31 Juli s/d 21 Agustus 2021. Dan salah satu kewajiban yang harus dilaksanakan dalam pelatihan tersebut adalah mengimbaskan hasil pelatihan kepada rekan sejawat. Guru SMA Negeri 2 Playen bersemangat untuk menerima ilmu baru dalam dunia pendidikan.

Selama tiga hari, mulai dari tanggal 22 – 24 September 2021 setelah pembelajaran tatap muka terbatas pangimbasan dilaksanakan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. Pada hari pertama pengimbasan, trainer menyampaikan materi tentang masalah pembelajaran jarak jauh yang biasanya tidak jauh dari memori perangkat/smartphone yang penuh, data hilang terkena virus dan perangkat yang lambat serta sulit dikelola. Selain itu, pengenalan tentang akun belajar.id yang merupakan akun elektronik yang diterbitkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi. Keistimewaan yang dimiliki oleh akun pembelajaran tersebut sejenak mengatasi kekhawatiran dari Bapak Ibu guru yang mulai mengeluh kapasitas drive penuh. Akun belajar.id menawarkan penyimpanan yang tanpa batas, bebas virus,  dapat video call tanpa batas waktu menggunakan google meet, serta kelas di Google Classroom yang fiturnya sedikit berbeda. Bapak Ibu guru diajak belajar kolaboratif menggunakan akun belajar.id dengan memanfaatkan fitur yang ada agar nantinya dapat dimanfaatkan dalam pembelajaran. Tidak hanya teori akan tetapi Bapak Ibu guru diminta langsung untuk mempraktikannya. Kemudahan menggunakan google drive yang tak terbatas penyimpanannya, penggunaan google docs, juga bagaimana penggunaan google forms dan sheets untuk keperluan evaluasi hasil belajar yang sedikit berbeda dengan akun gmail.com.

Pada tanggal 23 September 2021, materi pengimbasan adalah tentang komunikasi yang efektif menggunakan akun belajar.id. Penggunaan google mail, google calendar, google chat, serta google meet. Memanfaatkan google classroom yang dapat terkoneksi dengan google meet langsung, memberikan feedback/komentar pada setiap lembar pekerjaan siswa, juga mengelola google sheets serta fitur yang lain dalam akun belajar.id. Sedangkan materi hari ketiga adalan bagaimana mengajar interaktif dengan menggunakan fitur-fitur yang ada dalam akun belajar.id. Berlatih menggunakan google slide dan google sites serta bagaimana pemanfaatannya dalam pembelajaran. Trainer membantu dan mendampingi dengan sabar bagi Bapak Ibu guru yang masih kesulitan dalam penggunaan fitur-fitur pada akun belajar.id. Di akhir pertemuan pengimbasan, ada Uji Kompetensi yang harus diselesaikan oleh Bapak Ibu guru guna mendapatkan sertifikat 32 JP.

Tinggalkan Balasan