PUNCAK PERAYAAN ROOTS DAY DAN FESTIVAL LITERASI SEKOLAH

Pada hari Senin tanggal 13 Desember 2021, SMA Negeri 2 Playen melaksanakan dua puncak agenda secara bersamaan, Roots Day dan Festival Literasi Sekolah. Roots Day merupakan puncak acara yang digelar setelah rangkaian kegiatan yang diawali sejak bulan Agustus dan diikuti oleh 30 agen perubahan. Agen perubahan pencegahan perundungan di sekolah merupakan hasil seleksi sekolah bersama U Report oleh UNICEF bekerjasama dengan Pusat Pengembangan Karakter (PUSPEKA) Kemendikbudristek RI. Roots Day sendiri merupakan kegiatan penguat dan pelengkap dari  program Sekolah Penggerak yang melatih berbagai kegiatan pembentukan karakter pribadi yang mampu menciptakan lingkungan sekolah yang aman dan nyaman bebas dari perundungan. Agen perubahan bersama fasilitator guru dan tim sekolah menjadi teladan dan motor perubahan perilaku siswa yang lain di sekolah.

Pukul 07.30 acara perayaan Roots Day dibuka dengan sambutan Kepala Sekolah, Ibu Tumisih, S.Pd., M.Pd dan Kepala Balai Pendidikan Menengah Kabupaten Gunungkidul, Bapak Dwi Agus Muchdiharto, S.H.,M.A. Setelah resmi dibuka, siswa Agen Pencegahan Perundungan bersama-sama mengikrarkan Deklarasi Agen Perubahan Pencegahan Perundungan. Puncak perayaan Roots Day dimeriahkan dengan penampilan hasil karya siswa seperti poster, puisi, foto kegiatan serta pementasan-pementasan siswa: penampilan Lagu Profil Pelajar Pancasila, Pembacaan Puisi dan Role Play.

Puncak acara Roots Day dihadiri oleh tamu undangan seperti Kepala Balai Pendidikan Menengah Kabupatan Gunungkidul, Panewu Playen, Bp Sukamto, S.IP, Pengawas Pembina, Bp. Drs. H. Mujiman, MM, Ketua Komite Bp Drs. H. Rubino, MA, Bapak Ibu Guru SMA Negeri 2 Playen serta perwakilan siswa dari masing-masing kelas. Ketika memasuki ruangan Puncak Acara Roots Day, tamu undangan diberi kertas untuk menuliskan pesan positif tentang pencegahan perundungan. Pesan positif yang ditulis tersebut digantungkan di pohon pesan positif. Pada akhir acara dilakukan penandatanganan Kesepakatan Perilaku Positif Pencegahan Perundungan di SMA Negeri 2 Playen dan Penayangan video pendek Anti-Bullying.

Sementara di tempat lain, pada pukul 08.30 WIB di Laboratorium Bahasa dan Seni digelar Puncak Acara Festival Literasi Sekolah (FLS). Acara ini merupakan salah satu agenda Perpustakaan Pustaka Wira Mandala SMA Negeri 2 Playen. Pameran foto, poster, mading, pameran buku dari Tiga Serangkai, Intan Pariwara, Andi Offset dan berlangsung dengan menerapkan protokol kesehatan. Acara dibuka dengan sambutan dari Kepala SMA Negeri 2 Playen dan Kepala Balai Pendidikan Menengah Kabupaten Gunungkidul. Dalam puncak acara Festival Literasi Sekolah juga digelar launching Buku Seri Refleksi Guru “Aku, Muridku dan Pandemi” karya Bapak Ibu Guru SMA Negeri 2 Playen. Selain launching buku, ketua panitia FLS, Betty Sekarasih Hadiyani, M.Pd.BI. menyampaikan pengumuman pemenang lomba memeriahkan Festival Literasi Sekolah yang telah dilaksanakan pada hari Jumat, 10 Desember 2021.

Lomba Maca Geguritan: Juara 1 Rachmawati Dyah Islami kelas XII MIPA 3, Juara 2 Gemma Paulin Meyla P kelas X E 1, dan juara 3 Ferika Sukma Melati kelas XI MIPA 1. Lomba News Anchor: Juara 1 Nimas Lara Widya Langgis kelas XI IPS 2, Yusnisa Ifadah kelas XII MIPA 2, dan Nicky Adhe Pamungkas kelas XI IPS 1. Lomba Kupas Isi Buku (Kuisku) Duplay: Juara 1 Isabella Maya Novitri kelas XII IPS 2, Juara 2 Amelia Romanita kelas X E 2, dan Juara 3 Jacinda Elviana Falihah kelas XI MIPA 1. Ketiga juara dari lomba kupas isi buku (KUISKU) juga dinobatkan menjadi Duta Literasi SMA Negeri 2 Playen Tahun 2022 oleh Kepala Balai Pendidikan Menengah Kabupaten Gunungkidul.

Puncak Acara FLS juga berhasil menghadirkan penulis buku “Luh, Aku Benci Sekolah” dalam acara Bedah Buku. Acara Bedah Buku yang dihadiri oleh tamu undangan Kepala Balai Pendidikan Menengah Kabupaten Gunungkidul, Panewu Playen, Pengawas Pembina, Ketua Komite, dan Pendamping Perpustakaan dari DPAD DIY. Selain tamu undangan, peserta lomba kupas isi buku, pemenang lomba FLS, Bapak Ibu Guru SMA Negeri 2 Playen juga menjadi peserta dalam acara bedah buku tersebut. Puncak Acara FLS mengundang tamu secara terbatas akan tetapi siswa yang tidak hadir di sekolah dapat menyaksikan acara tersebut melalui live streaming di channel Youtube SMA 2 Playen, melalui link https://youtu.be/7H7U5xtrSh8.

Tinggalkan Balasan